KPK GELAR PELATIHAN ALAT PEREKAMAN DATA TIPIKOR DI UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN


BATUAJI (HK)- Lima anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang membawahi bidang Fungsional Pembinaan Jaringan Kerja antar Komisi dan Instansi (FPJKKI) dan Pengolahan Informasi Data (Pinda) menggelar pelatihan tentang alat perekaman sidang tindakan pidana korupsi (tipikor). Pelatihan itu berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa (5/6) bertempat di kampus Universitas Riau Kepulauan (Unrika) di Batuaji.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut atas kerjasama yang telah disepakati pada 2006 silam. Acara pelatihan diikuti tujuh perwakilan mahasiswa Fakultas Hukum, tiga perwakilan dosen, Rektor Unrika beserta seluruh jajaran Wakil Rektor Unrika.

Ketua tim pelatihan alat perekaman KPK, Rofiq Arrosid mengatakan, pelatihan ini merupakan pembekalan ilmu pengetahuan pada mahasiswa Fakultas Hukum Unrika yang telah diberikan semenjak beberapa tahun lalu.

“KPK sudah mensupport alat perekaman, pelatihan dan membiayai kegiatan ini. Sehingga sudah berjalan dan terlaksana sebanyak 25 kampus se-Indonesia. Untuk tahun ini, Unrika mendapat giliran pelatihan dan penyerahan alat rekaman yang kedelapan. Rencananya, pada tahun ini kita memiliki agenda sebanyak 15 kampus. Jadi, pada tahun ini KPK telah memberikan alat perekaman, pelatihan dan pembiayaan pada seluruh provinsi di Indonesia,” ungkap Rofiq.

“Setiap tahun, ada 20 ekseminasi kasus persidangan tipikor yang kita ikuti. Hal tersebut untuk membantu memberikan akurasi data persidangan dan fakta persidangan. Sehingga, setiap temuan dan hasil persidangan dapat diketahui dengan benar,” ujarnya lagi.

Selama pelatihan, KPK memberikan tiga materi pelatihan diantaranya, pengenalan alat-alat perekaman, penggunaan alat serta pengolahan data rekaman persidangan dan yang ketiga adalah simulasi sidang Tipikor di Pengadilan Negeri (PN) di Tanjungpinang.

Rektor Unrika Batam H Amarullah Nasution mengatakan, momen ini harus bisa dimanfaatkan oleh segenap civitas akademika Unrika dengan sebaik mungkin.

“Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi Unrika Batam. Karena, selama ini  kegiatan pemberian alat perekaman dan pelatihan ini hanya dilakukan oleh universita negeri. Berarti, Unrika merupakan salah satu unversitas swata yang memiliki kopetensi yang sangat baik dan berkualitas,” katanya. (cw41)

 

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.